Friday, 16 May 2014

Bagaimana Cara Belajar yang Efektif?

cara belajar efektif
Belajar adalah salah satu kewajiban manusia di dunia. Manusia diperintahkan agar tidak pernah berhenti belajar sepanjang hidupnya, long life education istilah kerennya. Selain itu, banyak pepatah dan kata bijak yang bertemakan tentang belajar atau menuntut ilmu. Hal tersebut menunjukkan bahwa belajar adalah suatu aktivitas yang harus dan utama dilakukan umat manusia.

Ulangan Kenaikan Kelas (UKK) SMA Muhammadiyah 1 Muntilan akan dilaksanakan tanggal 2-11 Juni 2014. Perlu persiapan-persiapan khusus jika ingin meraih sukses dalam UKK. Salah satu persiapan yang perlu dilakukan adalah belajar dengan efektif. Belajar yang singkat tetapi hasilnya memuaskan. Berikut beberapa tips yang bisa dicoba agar belajar kita lebih efektif.

1. Buat ringkasan materi.
Buatlah ringkasan atau rangkuman dari materi pokok pelajaran. Ketika meringkas sebenarnya secara tidak langsung kita sedang belajar. Kita akan lebih memahami materi ketika merangkumnya daripada sekedar membacanya.

2. Aktif dalam pembelajaran.
Siswa harus aktif ketika pelajaran sedang berlangsung. Jangan cuma pura-pura mendengarkan tetapi ternyata tidak paham materi yang diajarkan. Segera tanyakan kepada guru jika ada hal yang belum dipahami. Materi pelajaran biasanya berkesinambungan. Sulit memahami materi B jika belum paham materi A. Sehingga jangan sampai ada satu materi pun yang tidak kita mengerti karena hal itu akan berdampak kepada pemahaman materi selanjutnya.

3. Buat kelompok belajar.
Kelompok belajar pada prinsipnya adalah berbagi pengetahuan sesama anggota kelompok. Misalnya si A panda dalam pelajaran Kimia tetapi lemah dalam pelajaran Bahasa Inggris, sedangkan si B pandai dalam pelajaran Bahasa Inggris tetapi lemah dalam pelajaran Fisika, maka si A dan si B dapat saling mengajari dalam kelompok belajar tersebut.

4. Disiplin dalam waktu.
Belajar yang baik adalah yang konsisten. Luangkan waktu beberapa jam dalam sehari dan itu rutin harus kita lakukan setiap hari. Belajar satu jam perhari lebih baik daripada belajar 5 jam tiap hari minggu saja misalnya.

5. Memperkaya referensi.
Cari sumber belajar-belajar yang lebih luas dari materi yang diajarkan di sekolah. Jangan hanya bergantung kepada buku teks sekolah saja. Saat ini adalah era internet. Setiap orang dapat mengakses informasi positif dengan mudah.

Itulah beberapa tips cara belajar yang efektif. Siswa SMA Muhammadiyah 1 Muntilan harus siap untuk belajar demi meraih prestasi dan cita-cita. Selamat belajar!!!