Sunday, 22 June 2014

Tips Agar Hari Libur Lebih Bermanfaat

hari libur
Hari libur adalah dambaan bagi semua orang yang sehari-harinya sibuk beraktifitas, baik bekerja ataupun bersekolah. Hari libur digunakan untuk menyegarkan kembali badan dan pikiran setelah penat beraktifitas agar lebih segar ketika memulai beraktivitas kembali. Siswa-siswi SMA Muhammadiyah 1 Muntilan mulai libur paska Ulangan Kenaikan Kelas (UKK) Senin, 23 Juni 2014 dan masuk sekolah kembali pada 14 Juli 2014. Hari libur yang sangat panjang untuk ukuran siswa-siswi sekolah.  

Liburan sekolah hendaknya dimanfaatkan dengan baik. Banyak orang yang menjadikan hari libur sebagai ajang balas dendam. Contohnya, ketika bukan hari libur siswa harus bangun pagi buta agar tidak terlambat sampai sekolah, pada hari libur mereka bangun siang hari. Selain itu, hari libur sering digunakan untuk bermalas-malasan. Siswa harus bisa memanfaatkan hari libur untuk kegiatan yang bermanfaat. Pada kali ini kami akan menyampaikan beberapa tips yang bisa dilakukan untuk membuat hari libur lebih bermanfaat dan tidak digunakan untuk kegiatan yang sia-sia.

Apa yang harus dilakukan agar hari libur bermanfaat dan tidak menguras kantong? Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum hari libur datang.

1. Buatlah perencanaan liburan yang baik.
Kegiatan idaman ketika liburan tiap orang berbeda-beda. Kegiatan yang tepat untuk si A belum tentu sama dengan si B. Oleh karena itu, buatlah rincian kegiatan yang bermanfaat buat Anda sebelum hari libur datang. Usahakan kegiatan-kegiatan tersebut adalah kegiatan yang menurut Anda baik buat pengembangan diri Anda. Jangan sampai perencanaan ini dibuat hanya berdasarkan ikut-ikutan kegiatan teman. Sekali lagi, kegiatan yang baik buat teman Anda belum tentu Baik juga buat Anda.

2. Buatlah perencanaan anggaran kegiatan hari libur.
 Satu hal yang tidak kalah penting dalam membuat perencanaan hari libur adalah anggaran dana. Tahap ini harus dipikirkan bersamaan dengan penyusunan rencana hari libur pada poin pertama. Jangan sampai kita sudah membuat daftar aktivitas yang muluk-muluk tetapi ternyata anggaran dana tidak memadahi.

Itulah dua hal yang harus dilakukan terlebih dahulu agar rencana mengisi hari libur bisa berjalan dengan baik dan bermanfaat. Lalu kegiatan apa saja yang bisa dilakukan ketika hari libur? Berikut kami berikan beberapa usulan kegiatan yang bisa dilakukan.

1. Mengikuti kursus keterampilan
Salah satu kegiatan liburan yang bisa dilakukan adalah mengikuti kursus keterampilan. Keterampilan ini bisa bermacam-macam sesuai dengan minat. Bisa kursus computer, kursus menjahit, kursus memasak, kursus menggambar, dan lain sebagainya sesuai minat.

2. Mengikuti kursus bahasa
Kita semua sepakat bahwa saat ini bahasa Inggris adalah bahasa yang wajib harus dikuasai jika seseorang ingin berkembang. Banyak hal dalam keseharian kita yang tidak bisa lepas dari bahasa Inggris. Bahkan ketika kita membeli barang elektronik baru, buku petunjuk penggunaannya pun berbahasa Inggris. Ketika duduk di bangku kuliah, banyak beasiswa belajar di luar negeri yang semuanya itu pasti mensyaratkan pandai berbahasa Inggris.

3. Mengikuti pesantren kilat
Jika pada poin 1 dan 2 di atas adalah kegiatan yang membangun otak, kegiatan dalam poin 3 ini adalah berguna untuk membangun spiritualitas dan religiusitas. Seseorang tidak akan berhasil jika hanya mengandalkan otak saja, sisi lain seperti nilai-nilai spiritual dan moral juga turut membantu keberhasilan seseorang. Mengikuti pesantren kilat bisa menjadi salah satu agenda bermanfaat mengisi hari libur.

4. Jalan-jalan
Kegiatan refreshing berupa jalan-jalan ke tempat wisata juga diperlukan. Tetapi jangan sampai berlebihan karena kegiatan ini membutuhkan dana yang besar. Pilihlah tempat wisata yang bagus tetapi tidak terlalu jauh jaraknya.


Demikian beberapa tips menghadapi hari libur panjang yang bisa dilakukan agar hari libur menjadi lebih bermanfaat dan membuat kita semakin berkembang. Selamat berlibur!