Tuesday, 2 September 2014

LDK Hizbul Wathan 2014 di Kaliangkrik

HIZBUL WATHAN SMA MUHAMMADIYAH 1 MUNTILAN
 Hizbul Wathan (HW) adalah gerakan kepanduan Muhammadiyah yang masih berjalan lancar di sekolah-sekolah Muhammadiyah. Jika di sekolah negeri kita mengenal Pramuka, di sekolah Muhammadiyah dikenal dengan Hizbul Wathan. Pada Sabtu-Ahad, 30-31 Agustus 2014 lalu Kepanduan Hizbul Wathan SMA Muhammadiyah 1 Muntilan mengadakan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) di lapangan Desa Selomoyo, Kaliangkrik.

Peserta acara LDK ini diikuti sekitar 60 peserta yang terdiri dari Dewan Amaliyah (bantara) dan calon Dewan Amaliyah. Tujuan acara ini adalah untuk menggembleng dan melatih jiwa kepemimpinan dari calon Dewan Amaliyah yang baru. Dewan Amaliyah inilah yang nanti akan melatih adik-adik Hizbul Wathan kelas X dan XI.

Rombongan tiba di lokasi pada pukul 14.00 WIB. Pada tahun ini Hizbul Wathan mengadakan LDK di lapangan Selomoyo, Kaliangkrik. Lapangan ini terletak di pinggir desa dan mempunyai pemandangan persawahan yang luar biasa indah. Selain itu, sambutan dari masyarakat setempat pun luar biasa baik. Kami diperbolehkan menggunakan fasilitas kamar mandi di wilayah RT 1. Berbagai bantuan pun ditawarkan oleh bapak Kades setempat. 

Acara pembukaan dilakukan malam hari seusai salat Isyak. Acara pembukaan ditandai dengan penyalaan Api Unggun yang kemudian dilanjutkan dengan pentas seni dari masing-masing regu. Acara pembukaan berlangsung dengan khusyuk dipimpin oleh bapak Wahyu Ari Wibowo, SH selaku pembina HW SMA Muhammadiyah 1 Muntilan sebagai pembina upacara.. Setelah acara selesai seluruh peserta dipersilahkan tidur. Pada pukul 02.00 WIB peserta dibangunkan dan diperintahkan untuk berkumpul di tanah lapang. Acara malam tersebut adalah Renungan Malam. Acara berlangsung hingga adzan subuh. 

Pada pukul 07.00 WIB para peserta melaksanakan senam pagi yang dipimpin oleh bapak Nanang Septian Nugroho, S.Pd. Jas. Seusai senam, acara berikutnya adalah Mencari Jejak. Kegiatan tersebut dilaksanakan di sepanjang jalan kampung kelurahan Selomoyo yang mempunyai pemandangan yang sangat indah sehingga peserta tidak merasa lelah. Penutupan dilakukan pukul 11.30 siang.
 
HIZBUL WATHAN SMA MUHAMMADIYAH 1 MUNTILAN


HIZBUL WATHAN SMA MUHAMMADIYAH 1 MUNTILAN

HIZBUL WATHAN SMA MUHAMMADIYAH 1 MUNTILAN