Saturday, 23 May 2015

Sarjana Purnawiyata Siswa ke-36 Tahun 2015

wisuda purnawiyata 2015,banner wisuda sma,sma muhammadiyah,muntilan,magelang,yanto siswoyo,arif budi santosa,fajrianti,fera diana ekasari,rosyidah salim
Kepala Sekolah dan Wali Kelas
SMA Muhammadiyah 1 Muntilan mempunyai tradisi melaksanakan Wisuda Purnawiyata siswa kelas XII setiap tahun. Ajang ini sebagai simbol telah tamatnya siswa kelas XII dalam menempuh pembelajaran di SMA Muhammadiyah 1 Muntilan. Pada tahun ini kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Sabtu, 23 Mei 2015 yang bertepatan dengan 5 Sya'ban 1436 H. 

Wisuda Purnawiyata tahun ini dilaksanakan di halaman utama SMA Muhammadiyah 1 Muntilan. Sejak dua hari sebelumnya telah berdiri tenda, panggung, dan kursi-kursi di tempat tersebut. Kegiatan tersebut dilaksanakan di halaman utama karena jumlah peserta dan tamu cukup banyak jumlahnya. Aula SMA Muhammadiyah 1 Muntilan, yang cukup luas, pun belum cukup untuk pelaksanaan acara wisuda.


wisuda sma muhi muntilan 2015,wisuda wasana warsa,sma muhammadiyah 1 muntilan,sma muhammadiyah,sma muntilan,sma magelang
Para Wisudawan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Muhammadiyah dengan khidmat
Wisuda Purnawiyata Siswa diikuti oleh semua siswa-siswi kelas XII beserta wali murid. Tamu undangan pun cukup banyak, diantaranya dari Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kab. Magelang, Pimpinan Cabang Muhammadiyah Kec. Muntilan, Pimpinan Ranting Muhammadiyah Desa Tamanagung, SMP mitra, dan masih banyak lagi.

arif budi santosa,sma muntilan,sma magelang,wisuda siswa 2015,sma muhammadiyah 1 muntilan
Bapak M Arif Budi Santosa membacakan Surat Keputusan wisuda.
Peserta Wisuda Purnawiyata tahun ini sebanyak 157 siswa. Jurusan IPA putra sebanyak 10 dan putri sebanyak 29. Jurusan IPS putra terdiri dari 41 siswa dan putri sebanyak 76 siswi. 

Acara dimulai sekitar pukul 08.00 WIB. Acara dipandu oleh 2 MC, Fauziah Herawati Salma dan Ahmad Akbar Khoirudin. Keduanya berasal dari lifeskill Presenter SMA Muhammadiyah 1 Muntilan. Sebelum seremonial acara mulai, Kepala Sekolah, Wakaur Kurikulum, dan Wali Kelas kelas XII naik ke panggung diiringi alunan khidmat lagu Himne Guru. Kemudia satu persatu para wisudawan dan wisudawati memasuki tempat yang telah disediakan, yaitu sisi kanan dan kiri panggung. 
sma muhammadiyah,sma muntilan,sma magelang,mardiyanto,agus saefudin,miftakhul jannah,yanto siswoyo
Bapak Kepala Sekolah berfoto bersama wisudawan-wisudawati berprestasi.

Setelah para wisudawan memasuki arena acara, pembawa acara membuka acara dengan membaca tasmiyah bersama-sama lalu dilanjutkan pembacaan ayat suci al Qur'an oleh ananda Sri Datul Minasih siswi kelas XI IPS 4. Beberapa waktu yang lalu siswi tersebut mewakili SMA Muhammadiyah 1 Muntilan meraih juara 1 dalam MTQ kategori Tilawah Putri se-Kabupaten Magelang.

Acara selanjutnya adalah menyanyikan lagu Indonesia Raya disusul Mars Muhammadiyah. Para peserta dan tamu wisuda berdiri dan menyanyikan lagu tersebut dengan khidmat. Acara selanjutnya adalah pembukaan rapat terbuka wisuda oleh Kepala Sekolah SMA Muhammadiyah, Bapak Yanto Siswoyo, S.TP. Dilanjutkan pembacaan Surat Keputusan (SK) Wisuda oleh Wakil Kepala Urusan Kurikulim (Wakaur), Bapak Drs. HM. Arif Budi Santosa.

Acara berikutnya adalah Wisuda oleh Kepala Sekolah. Siswa yang diwisuda pertama kali adalah siswa yang berprestasi. Siswa berprestasi beserta wali siswa naik ke atas panggung untuk diwisuda dan memperoleh hadiah bingkisan dari SMA Muhammadiyah 1 Muntilan. Siswa berprestasi tersebut adalah:

1. Mardiyanto (nilai tertinggi jurusan IPA)
2. Agus Saefudin (nilai tertinggi jurusan IPS)
3. Miftakhul Jannah (nilai tertinggi Al Islam, Kemuhammadiyahan, dan Bahasa Arab)

Setelah selesai pemberian hadiah siswa-siswi berprestasi, lalu siswa-siswi yang lain maju satu-persatu ke atas panggung untuk diwisuda.

Setelah wisuda selesai, selanjutnya adalah acara pembacaan Ikrar Alumni. Para wisudawan dan wisudawati membaca Ikrar Alumni yang dipimpin oleh ananda Imam Suwandi. 

Acara selanjutnya adalah sambutan. Sambutan yang pertama dari wakil wisudawan-wisudawati, yaitu ananda Nurul Ma'rifatun Nadhiroh. Sambutan yang kedua dari perwakilan wali murid yang dibawakan bapak Subagyo wali dari Afif Muhammad Amna. Sambutan berikutnya dari Kepala Sekolah SMA Muhammadiyah 1 Muntilan, Bapak Yanto Siswoyo, S.TP. Sambutan terakhir dari Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kab. Magelang yang diwakili oleh Bapak Jumari.

Acara yang terakhir adalah pembacaan doa oleh Bapak Achmat Nururhuda, S.Pd.I dan dilanjutkan dengan penutup.

Selamat jalan para wisudawan-wisudawati SMA Muhammadiyah 1 Muntilan.