Perkembangan Peserta Didik dalam Masa Pandemi Covid-19

Pandemi Covid-19 telah merubah pola kehidupan masyarakat didunia,terutama dalam bidang pendidikan. Peserta didik diharuskan mengikuti pembelajaran dalam jaringan atau mengikuti pembelajaran jarak jauh yang menuntut peserta didik untuk memiliki peralatan teknologi informasi dan komunikasi.

Sehingga peran orang tua atau keluarga sangat penting untuk mendukung peserta didik mampu mengikuti kegiatan pembelajaran dalam jaringan dari rumah  masing-masing.

Kebutuhan akan peralatan teknologi informasi dan komunikasi semakin meningkat yaitu kebutuhan telephon seluler.Telephon seluler menjadi pilihan yang praktis bagi masyarakat karena selain harganya terjangkau juga mudah dalam penggunaannya.

Selama pandemi berlangsung,hampir semua peserta didik diberikan telephon seluler oleh orang tua atau keluarga namun kurangnya pendampingan.

Dampak penggunaan telephon seluler selama pandemi oleh peserta didik dalam proses pembelajaran dalam jaringan atau jarak jauh.

Menemukan solusi yang tepat untuk mengurangi dampak penggunaan telephon seluler oleh peserta didik dalam pembelajaran sehingga penggunaan telephon seluler memperoleh manfaat yang mendukung proses belajar mengajar yang efektif dan membawa dampak baik dalam perkembangan remaja dimasa pandemi Covid-19.

Pandemi Covid-19 hampir berlangsung selama 1,5 tahun.Di Kabupaten Magelang peserta didik mulai melaksanakan pembelajaran jarak jauh pada tanggal 16 Maret 2020 sebagai usaha untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.Dengan adanya pandemi Covid-19 membuat kita menemukan kebiasaan-kebiasaan baru yang sebelumnya belum pernah kita lakukan.Meskipun hal ini sebenarnya bukan hal yang asing lagi,adanya pandemi Covid-19 membuat pendidikan kini bisa dilakukan melalui internet.Peserta didik mulai dibiasakan untuk mengikuti pembelajaran secara daring atau jarak jauh menggunakan peralatan teknologi informasi dan komunikasi.Telephon seluler menjadi pilihan masyarakat untuk membekali putra-putrinya agar dapat mengikuti pembelajaran secara daring atau jarah jauh.

Kebutuhan aplikasi terutama aplikasi zoom meeting,e-learning,media sosial dan sebagainya menjadi alternatif guru untuk menyampaikan materi pembelajaran agar bisa diakses peserta didik di rumah.Peserta didik harus mengikuti materi dan tugas melalui peralatan teknologi informasi dan komunikasi agar tidak tertinggal dan dapat memenuhi kewajiban tugas dari guru mata pelajaran.

Dampak yang ditimbulkan dari pembelajaran dalam jaringan terasa sekali dalam hal penggunaan telephon seluler.

Kurangnya pendampingan orang tua atau keluarga,sulitnya sinyak jaringan, tidak mendukungnya perangkat yang mereka miliki,kurangnya keahlian dalam menggunakan aplikasi,penggunaan kuota data selain untuk pembelajaran dan sebagainya mempengaruhi dalam proses pembelajaran dalam jaringan atau jarak jauh sehingga mengakibatkan peserta didik kurang memahami materi dan sering beberapa peserta didik tidak mengerjakan tugas dengan baik.Guru mata pelajaran juga mengalami kesulitan dalam penyampaian materi dan tugas dikarenakan kendala-kendala yang terjadi oleh peserta didik tersebut bahkan sebagian dari mereka tidak mengenal nama guru mata pelajaran yang mengampu.Kurang efektifnya penggunaan telephon seluler sebagai peralatan pembelajaran dalam jaringan atau jarak jauh dikhawatirkan juga akan mengakibatkan pengaruh psikis dan kesehatan peserta didik dan guru namun disisi lain dampak dari pembelajaran dalam jaringan atau jarak jauh ini juga berpangaruh baik,salah satunya kita menjadi mengenal banyak aplikasi serta terbiasa  menggunakan teknologi.

Pemerintah telah mengijinkan sekolah untuk mengadakan Pertemuan Tatap Muka.Kesempatan ini digunakan oleh sekolah-sekolah untuk membenahi proses pembelajaran serta adanya interaksi guru dan peserta didik berpengaruh terhadap penyampaikan materi yang lebih efektif.Peserta didik juga dapat menanyakan hal-hal yang belum mereka pahami dalam materi yang disampaikan secara langsung meskipun masih dalam keterbatasan.

Peran orang tua atau keluarga sangatlah penting terhadap perkembangan peserta didik terutama dalam hal pendidikan dalam masa pandemi Covid-19.Pertemuan tatap muka yang kini telah berlangsung menjadi kesempatan sekolah dalam upaya untuk membenahi proses pembelajaran yang hampir 1,5 tahun mengalami kendala karena harus dilakukan secara daring atau jarak jauh walaupun masih dilakukan secara terbatas karena harus mematuhi protokol kesehatan.

DAFTAR PUSTAKA

https://www.gramedia.com/literasi/karya-tulis-ilmiah/ diakses 26 November 2021 pukul 08.37

http://id.m.wikipedia.org/wiki/Karya_ilmiah diakses 26 November 2021 pukul 21.30

https://www.merdeka.com/peristiwa/efek-negatif-belajar-jarak-jauh-berkepanjangan-selama-pandemi-covid-19.html diakses 26 November 2021 pukul 22.05